Info penerimaan mahasiswa baru IDIA Prenduan tahun akademik 2010-2011 silahkan klik di sini

Pemilihan Ketua UKM IDIA Prenduan Periode Khidmah 2010-2011

Senin, 13 Juni 2011

Kirim ini ke Facebook Anda..

www.tips-fb.com


Pemilihan Ketua UKM IDIA Prenduan Periode Khidmah 2010-2011
IDIA Prenduan merupakan salah satu kampus yang terletak  di pulau Madura tepatnya di desa Pragaan. Setiap tahun kampus ini selalu megadakan agenda  rutinnya yaitu Pergantian kepengurusan untuk Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) maupun pergantian kepengurusan untuk UKM. Mengenai calonnya, untuk BEM diambil dan dipilih dari semester V sedang untuk pengurus DKPM dan UKM diambil dari angkatan semester III.
Proses pemilihan ketua DKPM dan UKM tahun ini dijalankan dengan konsep yang berbeda dari
tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya pemilihan ketua UKM serta posisi lainnya berdasarkan atas kesepakatan antara teman, maka tahun ini konsep yang digunakan adalah pemilihan secara demokrasi meskipun mayoritas mahasiswa yang hadir adalah dari program intensif sendiri karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pengurus lama BEM dan UKM mengenai pergantian kepengurusan kepada seluruh mahasiswa terutama kepada mahasiswa program plus dan regular, juga karena kurangnya kesadaran untuk bekerja sama dari kebanyakan mayoritas mahasiswa program plus dan regular, dan yang paling berat adalah mahasiswa program regular dan plus terlanjur berangggapan bahwasannya organisasi yang ada di IDIA Prenduan adalah hanya diperuntukkan untuk mahasiswa dan mahasiswi dari program intensif, padahal kenyataan yang ada  tidaklah seperti ini karena setiap bentuk organisasi yang ada di IDIA Perunduan adalah milik mahasiswa seluruh program dan harus dijalankan oleh semua mahasiswa.
Menindaki kenyataan yang seperti ini, pembantu rector (purek) III bidang kemahasiswaan, KH. Drs. Syaifurrahman Nawawi dalam beberapa kali kesempatan menyatakan keprihatinan yang mendalam terhadap kenyataan yang seperti ini. Beliau pernah berkata ketika beliau menjadi pembicara dalam acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan dan Managemen (PKM) semester V, “saya ini adalah pembantu rector III bidang kemahasiswaan untuk seluruh mahasiswa IDIA Prenduan dari semua program (intensif, plus dan reguler), akan tetapi dalam kenyataan sehari-seharinya yang terjadi adalah seolah-olah saya hanya menjadi purek III bidang kemahasiswaan bagi mahasiswa program intensif”
Rangkaian acara diawali agi harinya dengan pembacaan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) oleh masing-masing ketua dan sekretaris dari pengurus lama UKM, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua DKPM dan UKM untuk periode pengabdian 2010-2011 dan 2011-2012 pada malam harinya.
Proses berjalannya pemilihan berlangsung sebagaimana mestinya yaitu penyampaian visi dan misi oleh masing-masing kandidat yang kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dari tim panelis. Tim panelis yang dihadirkan dalam kesempatan kali ini berjumlah dua orang yang dimana selama ini terkenal dengan kecakapannya dalam berbicara dan berjiwa kritis, keduanya juga tercatat sebagai mahasiswa semester VII di IDIA Prenduan yaitu mlm. Putra Lastika dan mlm. Anton Sofyan, dan yang lebih menarik lagi adalah keduanya sama -sama berasal dari Nangroe Aceh Darussalam.
 Tercatat, hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan kali ini adalah terpilih Syarifuddin Al-Ghifari  Natonis sebagai ketua DKPM dengan prinsip utamanya yaitu kebersamaan dan kerja sama dalam menjalankan roda organisasi, dengan tidak menomorsatukan egoisme, Andre Noviarto sebagai ketua UKM Fakultas Dakwah, Imron Rosyadi sebagai ketua UKM Fakultas Tarbiyah, Ahmad Qusyairi sebagai ketua UKM Fakultas Ushuluddin, Dumyati sebagai ketua UKM Perpustakaan, Syamsul Arifin sebagai ketua UKM Teater Roda, Fadhlul Rahman sebagai ketua UKM Greenzone, dan Abdul Malik Arifin sebagai ketua UKM KSR. Akan tetapi untuk masing-masing ketua dari UKM Teater Roda dan UKM Greenzone yaitu Syamsul Arifin dan Fadhlul Rahman belum dipastikan menjadi ketua tetap, karena sesungguhnya pemilihan ketua pengganti untuk kedua UKM ini adalah berasal dari hasil diklat dan akan dipilih langsung oleh pengurus lama dari UKM Teater Roda dan UKM Greenzone. Besar harapan kita agar keduanya dapat tetap terpilih sebagai ketua untuk UKM Teater Roda dan UKM Greenzone setelah acara diklat nantinya, yang akan diselenggarakan oleh penguruus lama dari kedua UKM tersebut.(Al-Ghifari Natonis)

Artikel Terkait



0 komentar: